Cara Membuat Magnet Buatan Yang Super Kuat Dengan Mudah




Magnet merupakan benda yang dapat memberikan gaya tarik terhadap benda lain yang memiliki bahan logam seperti besi dan baja. Magnet ini biasa kita jumpai pada banyak benda di sekitar kita seperti pada dinamo tamiya, speaker dll.

Tahukah kamu bagaimana magnet dapat menarik logam besi dan baja? Hal itu dikarenakan magnet memiliki gaya medan tarik terhadap benda logam yang disebut dengan gaya medan magnet. Gaya medan magnet ini merupakan salah satu sifat dasar benda yang ada di alam semesta dan terjadi secara alamiah dimana lodestone merupakan bahan yang dikenal sebagai permanen magnet yang alami.

Selain itu magnet juga bisa kita buat sendiri meskipun tidak menggunakan bahan diatas. Dengan beberapa cara yang saya berikan pada postingan berikut, kalian dapat membuat permanen magnet sendiri yang bisa kalian atur seberapa besar kekuatan medan magnet yang diinginkan. Berikut beberapa cara membuat permanen magnet yang bisa kalian ikuti.

Cara Membuat Magnet Dengan Cara Menggunakan Arus Listrik

  • Pertama kalian perlu batang yang terbuat dari besi atau baja yang dapat temagnetisasi. Kalian dapat menggunakan paku baja yang berukuran sedang hingga besar.
  • Lalu kalian memerlukan kawat tembaga dengan dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan kalian (bebas)
  • Kemudian Lilit kawat pada paku hingga kawat tembaga menutupi seluruh paku.
  • Setelah itu hubungkan kedua ujung kawat tembaga pada sumber aliran DC / baterai.
  • Jika telah terhubung maka paku tersebut akan memiliki gaya medan magnet.
  • Tunggu hingga beberapa menit kemudian matikan daya arus listrik. Maka paku akan memiliki gaya medan medan magnet yang permanen.


Cara Menentukan Kutub Magnet

untuk menentukan kutub pada magnet buatan di atas kalian dapat mengikuti arah arus yang mengalir pada kawat tembaga dengan menggunakan kaedah tangan kanan seperti pada gambar di bawah.


Jari mewakili arah arus pada kawat sedangkan jempol mewakili arah kutub utara.

Cara Memperkuat Gaya Medan Magnet

untuk membuat medan magnet yang kuat dengan cara di atas, dipengaruhi oleh dua faktor yaitu besarnya arus dan lilitan kawat tembaga. Semakin besar arus listrik yang mengalir dan semakin banyak lilitan kawat tembaga pada paku maka gaya medan magnet yang dihasilkan akan semakin besar pula. Jadi jika kalian ingin mempekuat medan magnet yang dihasilkan oleh paku maka perbanyak baterai yang digunakan atau dengan menambah jumlah lilitan kawat tembaga pada paku.


Selain cara diatas masih terdapat beberapa cara lain yang bisa kalian gunakan untuk membuat magnet buatan sendiri. Berikut cara lainnya yang bisa kalian ikuti.

Cara Membuat Magnet dengan cara Menggosok

salah satu cara untuk membuat magnet yaitu dengan cara menggosokkan permanen magnet ke batangan besi atau baja yang akan di jadikan magnet. Caranya ialah dengan menggosokkan salah satu ujung kutub permanen magnet secara searah pada batangan besi yang akan dijadikan magnet secara berulang-ulang.


Cara Membuat Magnet dengan Cara Induksi

cara ini yaitu dengan mendekatkan salah satu kutub permanen magnet dengan salah satu ujung batang besi. Permanen magnet akan menghasilkan medan magnet yang dimana akan menginduksi batang besi sehingga batang besi akan memiliki medan magnet juga dengan posisi kutub yang berlawanan / terbalik dengan permanen besi. Untuk lebih jelasnya dapat melihat ilustrasi di bawah.


Nah itulah beberapa cara membuat magnet yang bisa kalian lakukan. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.