Jualan Keliling Yang Menguntungkan Cepat Laku




Berdagang/berjualan pasti membuat kaya.
tentu
Tapi mengapa banyak yang bangkrut juga?

Apapun yang anda usahakan pasti membuat anda sukses.
iya..
Tapi kok banyak yang sering beralih usaha?

ternyata usaha tidak segampang teori dalam buku ya

sudah capek persiapan segalanya ternyata ga ada yang beli

sudah keluarin banyak biaya bikin makanan paling enak
ehh ga ada yang ngelirik

Kalo usaha itu gampang pasti anda ga akan mampir di website ini.
iyalah..masih nanya.

Apa itu masalah yang anda hadapi sekarang?
Atau, anda yang baru melihat2 peluang usaha apa yang tepat untuk anda?

sebaiknya luangkan waktu sejenak

Pelajari dan telaah baik-baik apa yang akan saya bagikan ini

ok siap..

Mari kita mulai.

Lupakan sebentar tentang barang yang anda jual atau yang akan anda jual.

Iya karena seorang pengusaha itu harus berpikir dan bertindak sebagai seorang pengusaha.

Karena itulah kesalahan terbesar yang biasanya dihadapi oleh orang yang gagal dalam usahanya.

Kita seringkali berpikir bahwa faktor yang menentukan keberhasilan usaha adalah barang yang dijual.

Kalo hanya itu yang anda butuhkan maka saya ga akan bertele-tele.

Berikut adalah jenis jualan keliling yang cepat laku laris manis saat ini dan pasti menguntungkan:


  1. Bakso
  2. Mie ayam
  3. Jajanan anak mis. batagor, cimol/cilok, siomay, tahu bulat, roti,berbagai es, dll
  4. Sayur
  5. Jasa mis. jahit, perbaikan alat elektronik, dll
  6. Nasi goreng
  7. Peralatan rumah tangga
  8. Pakaian


Itulah macam-macam jualan keliling yang bisa anda jalani dan pastinya laris manis untuk saat ini.

untuk penjelasan detail jualan keliling ini nanti paling akhir saja ya?

Saya ingin jelasin dulu mengenai apa yang harus anda lakukan agar sukses dalam berbagai bisnis keliling ini, maka lanjutkan membaca sampai selesai.

Faktor paling utama dalam sebuah usaha adalah pola pikir dan tindakan yang dilakukan pemilik usaha.
bingung ga?

begini saya jabarkan

Sebagai pengusaha kita dituntut harus berpikir sebagai pengusaha, apa saja itu:
  1. Pengusaha itu harus berpikir positif dan bertindak positif pula.
  2. Usaha adalah kesenangan, kemewahan dan kebahagiaan.
  3. Tanpa kerugian, tidak ada yang namanya keuntungan
  4. Keuntungan itu sebagian milik yang berhak dan sebagian lagi untuk tambah modal atau invest lainnya.
  5. Rekan bisnis adalah orang yang dapat dipercaya.
  6. Pembeli adalah raja, tapi pelangganlah pemilik kerajaan.
  7. Hilangkan alasan-alasan serta pendapat negatif.
  8. Pengusaha itu bukan pemberi gaji, tapi penyalur uang dari konsumen.
Sedangkan tindakan yang benar sebagai seorang pengusaha secara garis besar seperti ini:
  1. Buat target untuk tujuan keuntungan jangka panjang.
  2. Jangan menjatuhkan usaha orang lain, tapi ajaklah bekerja sama.
  3. Harus agresif, proaktif, berani, semangat, tahan banting serta terus berjuang merebut peluang.
  4. Pengusaha itu harus mampu meyakinkan pelanggan.
  5. Biasakan tutup buku untuk melihat dan menentukan arah kedepan.
  6. Harus mampu beradaptasi/fleksibel terhadap pasar
  7. Inovasi merupakan faktor penentu keberlangsungan usaha.
Mengapa seperti itu?

Karena pengusaha merupakan orang-orang pilihan untuk menanggung beban kehidupan orang lain.

Maka untuk menjadi seorang pengusaha itu dibutuhkan jiwa pengusaha itu sendiri.

Orang yang memiliki uang banyak bukan berarti dia itu adalah pengusaha.

mengapa?

karena emang bukan itu yang menjadikan seseorang itu sebagai usahawan.

jelas belum semua sampai disini?

kalo belum besok akan aku bikin artikel tersendiri mengenai jiwa pengusaha.

untuk sekarang segini dulu

kita lanjutkan untuk bahasan lainnya.

Setelah kita memiliki pola pikir serta tindakan sebagai pengusaha, apalagi yang harus dipelajari?

banyak
Untuk menjadikan usaha keliling kita laris ada beberapa hal yang mesti diperhatikan:

  1. Kualitas Produk
  2. Strategi Pemasaran
  3. Manajemen


Mari kita ulik satu per satu


1. Kualitas Produk


Barang kebutuhan primer cenderung memiliki persaingan yang lumayan tinggi.
Barang Kebutuhan sekunder saat ini memiliki margin keuntungan yang relatif kecil.
Barang kebutuhan tertier semakin menjadi barang biasa karena peningkatan jumlah produsen.
Produk makanan mengharuskan rasa yang sesuai selera konsumen.
Produk jasa tergerus karena produsen membuat barang yang semakin variatif.

2. Strategi Pemasaran



Sebaik apapun produk yang kita miliki tidak akan laku terjual apabila kita tidak memiliki strategi yang tepat dalam pemasaran.

Berikut beberapa strategi pemasaran yang dapat menentukan keberhasilan:


a. Persaingan

Persaingan bisnis menjadi hal yang biasa sehingga kita harus memiliki daya tarik tersendiri dalam memasarkan produk kita.

b. Pelayanan dan Kerapian

Pelayanan yang ramah, cepat dan kekeluargaan akan membuat konsumen puas sehingga menjadi pelanggan.
Kebersihan dan kerapihan menjadi hal pokok dalam usaha keliling karena kita road to road, dor to dor langsung ke konsumen.

c. Pembeda

Karena kita jualan keliling, maka dibutuhkan tanda unik atau suara unik agar orang yang dirumah atau yang tidak melihat kita dapat mengetahui.

d. Pemilihan waktu

Seperti yang kita tahu bahwa kita tidak mungkin berjualan nasi goreng dipagi hari atau berjualan es di malam hari karena konsumen pasti akan berkurang.
Disamping itu misalnya kita berjualan di sekolahan atau pabrik, kita harus datang tepat saat sebelum jam istirahat.
Dan bukan hanya itu saja jam kedatangan sebaiknya juga dibiasakan teratur agar kita mendapatkan pelanggan bukan hanya pembeli.

e. Pemilihan tempat/konsistensi jalur

Pemilihan tempat atau jalur keliling menjadi hal yang vital, karena tempat menjadi hal pokok dalam berjualan.
Kita tidak mungkin keliling jasa cuci/setrika keliling disekolah atau kantor.
Sebaiknya jalur keliling dibuat konsisten entah itu dibuat berdasarkan jam atau hari.

f. Penggunaan gerobak/motor/mobil

Gerobak merupakan faktor penentu saat orang itu melihat kita dan memutuskan untuk membeli/tidak, maka buatlah sebaik dan seunik mungkin.
Misalnya untuk makanan, orang yang pertama kali membeli itu melihat gerobak lalu memutuskan membeli bukan merasakan lalu memutuskan membeli.
Jadi jangan asal dalam membuatnya.

3. Manajemen


Semua jenis usaha membutuhkan manajemen yang jelas agar dapat tercapai keberlangsungan dari usahanya.

Usaha yang baik itu dapat bertahan dan memperoleh keuntungan maksimal.

Dengan manajemen terutama keuangan kita dapat mengontrol dan mengolah semua itu.

Kita jangan sampai mencampuradukan keuangan pribadi dan keuangan usaha kita, karena akan fatal akibatnya.

Bisa-bisa uang untuk belanja modal habis untuk beli barang pribadi nanti.

Manajemen keuangan yang baik itu meliputi belanja modal, hasil penjualan dan margin keuntungan.

Kita harus mengetahui baik-baik berapa jumlah uang yang kita belanjakan untuk modal, berapa jumlah total hasil penjualan.

Karena dengan itu kita bisa tahu berapa margin keuntungan yang bisa kita gunakan sebagai hasil usaha.

Belanja modal itu meliputi barang yang kita beli, transportasi dan biaya sampai menjadi barang yang siap dijual.

gini gambarannya

misalnya kita menjual sayuran,
Modal sayuran itu biasanya gerobak, motor(bisa ga pake), sayuran yang dijual.
Gerobak dan motor itu belanja modal jangka panjang karena dipakai berulang-ulang hingga masa pakainya habis/rusak.
Misal harga gerobak 3 juta dan motor 14 juta sedang masa pakai sekitar 3 tahun, maka bisa dikalkulasi 3+14=17juta, 3tahun=1080hari.
17juta:1080hari= Rp 15.740/hari.

Jadi pengeluaran kita untuk gerobak dan motor Rp 15.740/hari + bensin Rp 15.000 = Rp 30.000,
Belanja sayuran misal, kita rata-rata harga sayuran itu Rp 5.000, kita bawa sejumlah 200 sayuran.
maka modal belanja sayuran 5000 X 200 = Rp 1 juta perhari

jadi belanja modal kita untuk 1 hari jadi Rp 1.030.000,
Kita jual dengan margin keuntungan Rp 1000 per sayuran maka total hasil penjualannya 6000 X 200 = Rp 1.200.000,
Jika kita kalkulasi keuntungan bersihnya yaitu hasil penjualan dikurangi belanja modal maka
1.200-1.030= Rp 170.000,/hari X 30 = Rp 5.100.000,/bulan
Jadi uang yang harus kita bekukan yaitu Rp 1.030.000, untuk belanja modal.
Jangan sampai uang ini berkurang sedikit pun karena akan mengacaukan pekerjaan kita.
Gimana jelas belum ?

Untuk yang lebih detal mengenai manajemen nanti kita bahas di artikel tersendiri saja ya.
Kita lanjutkan

Dan pembahasan terakhir mengenai produk yang dijual.

Setelah kita memiliki sifat dan sikap pengusaha lalu kita juga telah mengetahui garis besar dalam bisnis usaha keliling.

Selanjutnya yaitu mengenai produk apa yang akan kita jual, karena setiap produk memiliki cara sendiri-sendiri dalam menjualnya.

Langsung saja kita akan membahas peluang usaha mengenai jenis produk jualan keliling terlaris dan menguntungkan yang tadi telah kita jabarkan diatas secara lengkap.

1. Jualan Bakso

Mengapa bakso?

Menurut penelitian, orang indonesia saat menjadikan bakso sebagai makanan terfavorit dalam kulinernya.
Jadi bukan sekonyong-konyong kita menetapkan bakso diurutan teratas peluang usaha jualan keliling terlaris.
Terus disamping itu tahukah anda bahwa setiap 1 mangkok bakso itu hanya membutuhkan modal kurang lebih Rp.1000, dan dijual dengan harga Rp.5000,.
Coba bayangkan berapa keuntungan yang didapat jika kita mampu menjual 100 mangkok saja, Rp.4000, X 100 = Rp.400.000, suegerrr ya
Tapi inget, makanan adalah makanan.
Lidah itu ga bisa dibohongi, kalo anda ga bisa membuat bakso yang benar-benar enak jangan harap bisa menjualnya.

2. Mie Ayam

Nah ini saingan bakso

Penjualan mie ayam di desa-desa mengalahkan penjualan bakso. Bukan tanpa sebab juga, mie ayam dirasa lebih mengenyangkan dibanding bakso.
hhmmmm...
Disamping mengenyangkan, mie ayam juga lebih murah dibandingkan dengan bakso. Biasanya satu mangkok dihargai kurang lebih Rp.4000, saja.
Inilah hebatnya pengusaha indonesia, sekarang mereka kebanyakan mulai mencampurkan kedua jenis makanan ini jadi satu dengan nama mie so, alias mie bakso.
Jadi yang sebelumnya harga mie ayam Rp.4000, setelah ditambah bakso harganya menjadi Rp.8000, ahaaa naik Rp.4000, cuma dengan nambah bakso aja.

3. Jajanan Anak

Ini yang paling banyak sekarang

Mengapa jajanan anak kok jadi yang peluang usaha ketiga meski jumlahnya paling besar?
karena jajanan anak targetnya lebih ke anak-anak, jadi pasarnya lebih sempit dari yang dua diatas.
trus apa hubungannya?
ini kan membahas jualan keliling paling laris dan menguntungkan, jadi harus lebih detail membahasnya.

jajanan anak ini meski pasarnya sempit sebenarnya peluangnya juga sangat besar karena kita tahu pasar anak-anak itu paling mudah untuk mendapat keuntungan.
bahkan untuk saat sekarang, jajanan anak bisa juga menjadi jajanan dewasa karena ini berujud makanan dan minuman.
Jajanan yang berujud makanan bisa berupa batagor, cimol/cilok, siomay, tahu bulat, roti, dll.
Dan bahkan untuk saat sekarang jenis makanannya juga makin variatif tergantung bagaimana kita berinovasi.
misalnya kita gabungkan antara batagor dan roti, jadi roti dengan batagor ditengahnya. Atau tahu bulat isi siomay, semua tergantung bagaimana kita berinovasi.
Sedangkan untuk es juga sangat banyak jenisnya, misal mulai dari es buah sampai es krim, bahkan sama juga seperti halnya makanan tadi kita juga dituntut untuk berinovasi.
semakin kita berinovasi semakin kita lebih mudah mendapatkan pelanggan.
Kok gitu
iya karena anak-anak itu seneng dengan sesuatu yang baru.
jadi kalo ada sesuatu yang beda dikit aja pasti kepo dia.

Sebenarnya penjabaran peluang usaha untuk jajanan anak ini sangat panjang banget kalo kita mau membahasnya satu satu.
Jadi sebaiknya besok akan saya bikinkan artikel sendiri saja ya biar lebih detail dan mendalam.
untuk saat ini segini aja dulu, kita lanjut yang lainnya

4. Sayur


Pernah lihat tukang sayur lewat depan atau samping rumah ga?
Tahu ga berapa omset, modal dan hasil bersihnya?
Kalo anda sedang mencari-cari ide bisnis sampingan ya mungkin jualan sayur keliling juga bisa jadi bahan pertimbangan.
kenapa kok jual sayur sih ?

Kalo untuk duitnya masih inget kan gambaran penjualan sayur di bagian manajemen diatas?
Nah kalo sudah ngiler sama duitnya tinggal yang ini, kenapa jual sayur
Setiap keluarga pasti masak sayuran, atau minim ya makan sayuran
iya kan
sedangkan manusia sekarang itu semakin malas untuk keluar rumah, apalagi untuk belanja ke pasar.
jadi

solusi yang paling menjanjikan ya para penjual keliling
siapa sih ibu-ibu sekarang yang kalo pagi buta kepasar beli sayur untuk dimasak pagi?
hampir ga ada
kalo siang?

mungkin masih lumayan banyak kalo siang kepasar, iya kan?
Terus lagi satu keluarga itu kalo masak sayuran itu berapa jenisnya?
satu, tiga, atau berapa?
paling banter tiga jenis sayuran dan itupun seringnya juga dicampur jadi satu, iya kan?
Terus menurut kalian rugi ga belanja ke pasar cuman buat beli terong dua biji sama kangkung satu iket sama tempe setengah garis?
Kepasar dalam waktu kurang lebih 15 menit dan beli sayuran yang harganya semua itu ga lebih dari Rp 15.000,
Rugi banget kan?

Nah ini peluang bisnis gede kalo mau memulainya sekarang

5. jasa


Sektor jasa memang menjadi lahan keuangan
tahu ga, di indonesia 60% hasil pajaknya itu berasal dari sektor jasa.
iya serius, 60% lho
jadi emang bukan hal yang mustahil lagi jika sektor jasa itu juga bisa sampai ditingkat kelilingan mengingat hal diatas.

terus jasa apa aja yang laris saat ini?
Sebenarnya sangat banyak tapi saya akan beri contoh 2 saja yaitu jahit dan perbaikan alat elektronik
kok cuma dua?
karena potensi dan macamnya itu sangat beragam jadi bisa dikatakan hampir semua jasa itu bisa untuk keliling.
inget sim keliling ga?
itu dibidang pemerintahan lho
Saya ga akan masuk ke detail pekerjaannya tapi mengapa kok jasa.

Jadi gini, jasa itu yang dijual adalah skil.
Orang yang jual jasa itu yang dijual ya skilnya, bukan barang.
terus bukannya jahit juga butuh barang?
ok berapa harga benang?
apakah penjahit menghabiskan 1 gulung benang untuk menjahit?
ga kan
trus harga 1 gulung benang berapa?
apa ada 500 rupiah?

makanya jasa itu yang dijual keahlian atau lebih luas itu kita jual tenaga.
maka bisa dikatakan jasa merupakan peluang bisnis yang menjanjikan banget, karena hanya tergantung kemampuan/kekuatan kita saja.

6. nasi goreng

Nah ini juga bikin ngiler

Bisnis jual nasi goreng keliling
Kita bicara hitungan dulu ya, berapa modal dan hasilnya.
Kalo kita bicara modal untuk membuat 1 piring nasi goreng maka bisa saya pastikan itu tidak lebih dari Rp 4.000, aja
Terus untuk penjualannya, paling murah saat ini nasgor 1 piring itu dihargai Rp 10.000, gimana?
Jual 10 piring aja udah dapet hasil Rp 60.000, lho
dan itupun hasil bersihnya, kalo ga percaya coba aja bikin sendiri nasi goreng tapi paling ga 10 piring lho biar ketahuan berapa aslinya.

Trus untuk keliling nasi goreng juga paling gampang, siapa sih yang ga suka nasi goreng malem-malem
jangan lupa lho kalo mau jualan nasi goreng waktunya malam saja, jangan siang-siang jual nasgor tar malah ga ada yang beli

7. peralatan rumah tangga


Ini juga mulai naik daun sebagai pendatang baru jualan keliling.
Peralatan rumah tangga dibutuhkan setiap rumah tangga, tapi yang beli biasanya jarang bukan karena uang.
Tapi lebih karena emang kadang untuk membeli peralatan rumah tangga itu dibutuhkan waktu sendiri,
kenapa

karena biasanya yang jual itu ga di sembarang tempat.
Jadi meskipun barang harga murah sekalipun kadang males untuk membelinya.
nah ini juga jadi peluang usaha yang sangat potensial.

8. pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap orang, mulai dari bayi sampai orang lanjut usia juga butuh yang namanya pakaian.
Apalagi para wanita, mungkin dibandingkan pria kebutuhan akan pakaian bisa 1 berbanding 5.
Jadi kalo pria punya 1 kaos biasanya para wanita punya 5 kaos.

Apalagi kalo ditawari pakaian model bagus harga miring masih bisa dicicil lagi
wah bisa-bisa langsung diborong tuh

Tapi inget, meski pakaian ini memiliki pasar potensial yang sangat besar namun tingkat persaingan juga sangat tinggi.
Jadi kita mesti jeli dalam memilih pakaian apa saja dan kisaran harga berapa.
apalagi margin keuntungan untuk pakaian juga lumayan besar, biasanya berada di kisaran 20% modal.
jadi jika harga jual kita Rp 100.000 maka modal biasanya kurang lebih Rp 80.000.
Karena semua membutuhkan maka pintar pintar kita saja dalam menawarkan kepada konsumen.

Nah, itulah garis besar mengenai jualan keliling yang terlaris dan sangat menguntungkan saat ini.

Dari sekian banyak pemaparan diatas dapat kita simpulkan sebagai berikut.

Menjadi seorang pengusaha itu bukan karena kita itu pintar atau banyaknya modal yang dimiliki,

  • Untuk menjadi pengusaha itu dibutuhkan jiwa usahawan sejati, yang siap ditempa dengan berbagai lika-liku kehidupan.
  • Dengan menjadi pengusaha, orang itu telah menjadi orang-orang pilihan yang menanggung beban hidup orang lain.
  • Produk berkualitas, strategi pemasaran yang tepat serta manajemen yang terarah akan menentukan keberlangsungan sebuah usaha.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita juga harus bekerja secara maksimal pula.
  • Untuk menjadi pengusaha besar dibutuhkan langkah kecil yaitu memulai.
  • Jangan hanya mencari peluang, tapi buatlah peluang itu karena memang begitulah pengusaha.


Terima kasih sudah menyimak sampai selesai, semoga berguna dan selamat berusaha.